Rohan Online Review

by Agus on 03 Aug 2010 12:00 am under PC » Online » Review
Rohan Online Review

Rohan adalah game MMORPG yang dibuat oleh YNK Korea. Di Indonesia game ini dipublikasikan oleh LYTO Datarindo Fortuna pada tahun 2009.

Cerita Rohan Online sendiri dimulai dari Dewa Ohn, yang membuat dunia dan mempercayakan kepada kelima dewa tingkat rendah yang kemudian membuat bangsa-bangsa penghuni dunia Rohan. Dewa Roha membuat bangsa Manusia, sedangkan Dewa Gail menciptakan bangsa Giant, Marea menciptakan bangsa Elf, Silva menciptakan bangsa Halfling, dan Flox menciptakan bangsa Dark Elf. Bangsa-bangsa tersebut membangun dunia dengan kemampuan yang dianugerahkan oleh para dewa. Dewa Ohn membuat Naga untuk menjaga daerah perbatasan masing-masing, dan mencegah agar kebudayaan antar bangsa tidak tercampur. Tiba-tiba terjadilah kejadian yang merubah semua takdir setiap bangsa dan merupakan awal pertempuran yang terjadi di dunia Rohan. Dewa Ohn menghilang secara misterius dan para dewa tingkat rendah mulai menghancurkan para Naga. Dengan rasa ketidakpuasan menghancurkan Naga, para dewa tingkat rendah hendak menghancurkan seluruh kehidupan di Rohan. Apakah kalian bisa menghentikan para dewa tersebut?

Setidaknya ada 6 bangsa dengan job dan kemampuan berbeda-beda yang dapat dimainkan. Bangsa Manusia dengan job sebagai Knight, Guardian, dan Defender. Bangsa Elf dengan job sebagai Healer, Priest, dan Templar. Bangsa Half Elf dengan job sebagai Archer, Ranger, dan Scout. Bangsa Dark Elf dengan job sebagai Mage, Warlock, dan Wizard. Bangsa Dhan dengan job sebagai Assassin, Avenger, dan Predator. Terakhir adalah bangsa Dekan dengan job sebagai Dragon Fighter, Dragon Knight, dan Dragon Sage.

Yang menjadi andalan dari Rohan adalah fitur PvP nya. Player vs player battle tersebut ditambahkan dengan Vengeance (Balas Dendam) system. Jadi buat pemain yang kalah ketika PvP dapat langsung melakukan teleport ke tempat lawan yang telah membunuhnya. Tak hanya itu, gamer tersebut juga dapat membawa anggota guild/party nya untuk melakukan balas dendam. Selain itu, terdapat Guilds War yang disebut sebagai Township Battle untuk memperebutkan wilayah dan seluruh kekayaan dari sebuah kota.

Gameplay dari Rohan sendiri terdiri dari 4 fitur, yaitu Crafting, Forging, Hunting, dan Partying. Di dalam Crafting, gamer akan mendapatkan sebuah item baru dari hasil vegetasi, mineral, atau batu permata yang mereka gali dan temukan. Ada 4 kesatuan yang tak terpisahkan dalam Crafting, yakni mengumpulkan bahan, memproduksi, meng-upgrade, dan menyatukannya menjadi sebuah item.

Sementara itu melalui Forging, gamer dapat membuat senjata yang langka, unik, dan legendaris. Tentu saja tak mudah untuk mendapatkan itu semua. Kegagalan dalam melakukan Forging berefek buruk bagi senjata yang digabungkan. Namun bila beruntung, sebuah senjata legendaris akan menjadi milik kalian sendiri! :D

Semua map yang terdapat dalam Rohan terdapat monster-monster yang bervariasi. Hunting untuk menaikkan level pun terasa menyenangkan karena luasnya map dan banyaknya monster yang hadir.

Sementara itu Partying sangat berperan penting bagi pemain untuk menyelesaikan quest dan berburu monster berlevel tinggi. Rohan membatasi hingga 6 anggota pada setiap party.

Dalam game ini, pemain juga diberikan Mount (tunggangan) serta Pet (peliharaan) yang berguna untuk membantu player ketika melakukan perjalanan serta menemani gamer ketika bertempur. Pada setiap bangsa dapat ditemukan 2 mount sehingga total mount yang tersedia adalah 12 mount. Sedangkan untuk pet terdapat 3 jenis pet yang dapat ditingkatkan kemampuannya hingga level 3.

Menariknya lagi, bagi kalian yang lelah melakukan perburuan dan quest bisa bersantai-santai dahulu dengan mini game memancing. Tak hanya bersantai, jika sedang beruntung kalian bisa mendapatkan item tanpa bersusah payah mengalahkan monster. ^_^

Dipadukan dengan tampilan grafis yang cukup memikat, game ini bersifat adiktif. Akhir kata, buat kalian yang memainkan game ini KlikGame ucapkan:  “Selamat berjuang, para pahlawan Rohan!” :D



Discussion Forum

blog comments powered by Disqus