Paten Baru Nintendo Bicarakan Masalah Game Online

by Vincent on 13 Aug 2011 11:03 am under Console » Wii U » Feature
Paten Baru Nintendo Bicarakan Masalah Game Online

Dari sekian banyak perusahaan game yang bertebaran di dunia, tampaknya hanya Nintendo saja yang masih menganut paham untuk tidak terlalu bergelut di dunia online. Walau mungkin akan ada perubahan paham pada saat perilisan Wii U nanti, tapi perlu diakui kalau sampai sekarang, kemampuan online dari Nintendo memang sangat terbelakang apabila dibandingkan dengan perusahaan besar pesaing lainnya seperti Microsoft dan juga Sony. Nah, bagaimana kalau sekarang ini, tiba-tiba muncul kabar yang menyebutkan kalau Nintendo sedang menekuni game online? Kaget? Sudah pasti!

Informasi sebuah pematenan yang berhubungan dengan game online yang dilakukan oleh Nintendo pada tanggal 2 Februari 2010, akhirnya diumumkan minggu lalu. Paten tersebut disebut dengan “Massively Single-Playing Online Game” dan disebut-sebut sebagai, “Sebuah metode dan aparatus yang memungkinkan seorang gamer untuk memainkan game online single-player tanpa harus berinteraksi dengan gamer lain, tapi juga bisa mempengaruhi dan dipengaruhi oleh gamer lain yang memainkan game online.”

Agak sedikit membingungkan, karena yang namanya bermain game online, itu pasti kalian akan bertemu dengan gamer lain. Memang kamu tidak diharuskan untuk bermain bersama mereka, tapi yang namanya game online pasti akan selalu mendorong kamu untuk mencoba bermain bersama dengan teman, baik itu dalam bentuk misi tim ataupun sejenisnya. Tapi patennya itu justru disebut sebagai sebuah metode permainan untuk memainkan game online multiplayer sendirian, tanpa harus berinteraksi dengan gamer lain. Kalau memang benar demikian, maka itu berarti apa yang kamu lakukan di dunia maya (tempat karakter kamu berada) akan berpengaruh juga terhadap dunia gamer lain tanpa harus bermain bersama.

Apakah mungkin dengan model permainan tersebut, kita akan disuguhkan dengan nuansa permainan ala Animal Crossing? Animal Crossing merupakan sebuah game interaksi sosial dimana kamu akan berinteraksi dengan NPC lain, berbagi gosip dengan sang NPC dan kalau suatu waktu kamu menghubungkan NDS kamu dengan NDS teman yang memainkan game tersebut, maka karakter teman Klikers akan mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan rumor yang telah kamu sebarkan sebelumnya. Atau mungkin juga, kalau misalkan kamu telah membangun sebuah bangunan di satu tempat, maka saat gamer lain yang kebetulan sedang menjelajahi lokasi yang sama, akan mendapati sebuah bangunan yang telah kamu bangun di tempatnya sendiri. Mungkinkah?

Di patennya itu juga disebutkan demikian, “Sejumlah kegiatan interaktif di dunia nyata dalam RPG itu sangat menarik bagi banyak gamer. Tapi, ada beberapa gamer yang mungkin tidak ingin berinteraksi secara sosial, tapi tetap menikmati keseruan dan keuntungan dari dunia virtual yang sangat dinamis. Contohnya, akan sangat menguntungkan kalau bisa menyajikan sebuah metode dansistem yang memungkinkan seorang gamer untuk bermain sebuah game tanpa gamer tersebut harus berinteraksi dengan gamer lain yang memainkan game tersebut pada saat yang bersamaan. Tapi, akan sangat diharapkan kalau tindakan avatar gamer masih tetap bisa mempengaruhi status game tersebut dan juga status avatar lain, seperti layaknya game multiplayer biasa, walau game ini dimainkan sendirian dari sudut pandang masing-masing pemain dalam game itu.”

Sebenarnya apa yang direncanakan oleh Nintendo? Apakah memang ada gebrakan baru yang akan diperlihatkan oleh Nintendo menyusul kegagalan yang diterima oleh 3DS? Ataukah sebenarnya ini Cuma sekedar informasi untuk membuat Klikers heboh sendiri? Kita lihat saja nanti, apakah benar Nintendo akan masuk ke dunia game online atau tidak. =D



Discussion Forum

blog comments powered by Disqus