Browser Harvest Moon Ramaikan Dunia Game Indonesia

by Boyke on 25 Feb 2012 9:00 am under PC » Online » Local
Browser Harvest Moon Ramaikan Dunia Game Indonesia

PT. Prodigy Infinitech, publisher game online populer di Indonesia, secara bertahap mengumumkan beberapa game online terbaru untuk dirilis pada tahun 2012. Dari ke-4 siluet game misterius yang sempat dimunculkan melalui situs resminya sejak November tahun lalu, akhirnya sudah dipastikan tiga game diantaranya adalah Mercury Red (MMOFPS), Realm of the Titans (MMORTS), dan Browser Harvest Moon (web-based). Judul terakhir merupakan game online berbasis browser dari salah satu game simulasi favorit sepanjang masa, yakni Harvest Moon. Dikembangkan oleh Marvelous Entertainment dan One-Up Inc., sebagai pemegang hak rilis game di Jepang (sejak 25 November 2010), Browser Harvest Moon adalah seri game online resmi perdana dari franchise Harvest Moon, yang akan segera dihadirkan dalam versi berbahasa Indonesia oleh Prodigy (publisher game-game seperti Runes of Magic, Canaan Online, Battle of the Immortals, dan Legend of Three Kingdoms).

Seperti apakah game Browser Harvest Moon ini? Simak rangkuman informasi terkait game yang berhasil kami kumpulkan untuk memberi gambaran mengenai latarbelakang, gameplay dan sejumlah fitur pendukungnya berikut ini:

Latar Belakang
Untuk versi aslinya di Jepang, game ini diberi nama Minna de Bokujou Monogatari (atau secara harafiah berarti Harvest Moon with Everyone), namun kini lebih akrab dengan sebutan Browser Harvest Moon. Telah dirilis di Jepang sejak 25 November 2010 oleh One-Up (partner dengan pemegang hak lisensi Harvest Moon, Mavelous Entertainment), sebagai game bergenre Farm Simulation (Raising Harvest Sprites), yang menawarkan sejumlah elemen utama yang membuat seri Harvest Moon begitu diminati.

Tiap player akan memulai petualangannya di dalam Browser Harvest Moon dengan sepetak lahan di sebuah pulau kecil, kemudian mulai bercocok-tanam, beternak atau membudidayakan hewan, mendekorasi lahan pekarangan, bahkan bisa mengunjungi lahan player lain di pulau sekitar.

Gameplay
Sebagaimana halnya game web-based lainnya, Browser Harvest Moon dapat dimainkan secara langsung melalui browser yang kalian miliki pada PC yang tersambung koneksi internet. Tidak hanya kemudahan dalam mengakses game, kalian pun dapat memainkannya secara gratis (free-to-play), namun ada beberapa item yang hanya bisa kalian peroleh menggunakan SP atau cash in-game (item mall).

Gameplay yang ditawarkan mungkin akan mengingatkan kalian dengan tipikal "Farmville", dimana kalian diharuskan mengurus lahan pertanian, memanen hasilnya, beternak, dan semuanya akan dibantu oleh sejumlah Harvest Sprites (peri kecil penolong yang ada di tiap seri game Harvest Moon). Agar kualitas lahan dapat meningkat, kalian harus pula meningkatkan skill dari tiap Harvest Sprite. Menariknya lagi, kalian bisa mengkustomisasi tampilan para Harvest Sprite, mulai dari mode rambut, sampai ke pilihan pakaian yang dikenakan.

Uniknya, dalam Browser Harvest Moon, kalian tidak akan menemukan satu kota pun, oleh karena itu kalian harus membeli semua perangkat, benih, dan hewan ternak melalui menu Shop. Kalian dapat memberi tugas berbeda untuk tiap Harvest Sprite, atau meminta kepada sesama player lain untuk mengirimkan bantuan dalam bentuk gift atau mengerjakan tugas berkebun.

Fitur Pendukung
Ada rangkaian quest yang akan kalian terima dari Harvest Goddess. Tiap quest memiliki spesifikasi atau detil berbeda untuk menjalankannya, dan kalian akan diberi reward berupa gold, bahan-bahan, termasuk Experience Point (untuk menaikkan level ataupun upgrade). Menjalankan alur quest utama akan membuka lebih banyak quest sampingan dalam game, dengan reward-reward menarik tentunya!

Di awal permainan, tiap player akan dibekali dengan 2 Harvest Sprite, yang bisa ditugaskan untuk mengerjakan dua pekerjaan berbeda. Harvest Sprite tinggal dan bersarang di batang pohon kayu yang besar, dan mereka akan muncul begitu kalian menginstruksikan tugas tertentu kepadanya. Jumlah Sprite yang kalian miliki terdapat pada kolom Sprite Bar di bagian atas layar. Misalnya tertulis ¾, berarti kalian memiliki total 4 Sprites, dan 3 Sprites yang siap diberi tugas. Perlu diingat bahwa Sprite berwarna kuning adalah untuk bercocok tanam, warna oranye bertugas beternak, warna hijau akan membersihkan lahan hutan sebagai ladang berkebun, warna abu-abu berguna menambang, dan fungsi lainnya tergantung warna mereka. Lebih banyak lagi varian Sprite yang bisa kalian gunakan dengan mengerjakan quest lebih banyak.

Berbeda dengan seri-seri game Harvest Moon sebelumnya, versi browser game ini didukung fitur interaktif atau fungsi komunikatif antar player, seperti contohnya kalian dapat bekerjasama dengan player lain untuk mengembangkan sebuah lahan perkebunan. Atau misalkan membentuk Guild bersama beberapa player lainnya guna mengerjakan lahan perkebunan yang besar dan luas. Keuntungan dari membentuk Guild di sini adalah pada lahan perkebunan kalian yang luas tersebut, sangat besar kemungkinannya untuk mendapatkan hasil panen yang 'ajaib' (dalam artian memiliki ukuran fisik lebih besar dari hasil ladang pada umumnya), dan bahkan menciptakan hewan unik / rare dari hasil persilangan.

So Klikers, ada yang penggemar berat game Harvest Moon? Ingin merasakan nuansa permainan Harvest Moon yang berbeda dengan akses mudah dan dapat dimainkan secara gratis? Tunggu saja ya kehadiran Browser Harvest Moon yang segera meramaikan dunia game online di Indonesia ^_^



Discussion Forum

blog comments powered by Disqus